Berkarya dengan Artikel Sendiri, Jauhkan Copas Dari pikiran anda

Setiap blogger pasti kerap kali mendengar kata Copas atau Di Copas, Kata-kata tersebut sangatlah sudah umum didengar oleh para publisher.Copas merupakan sebuah penghinaan dari sebuah karya milik orang lain, misalnya saja jika anda mempunyai salah satu rangkuman "skripsi" dan skripsi tersebut kemudian di contek dan disalin oleh seseorang yang anda kenal/tidak anda kenal, dan mereka tidak mencantumkan referensi nama anda. Saya yakin anda pasti akan marah-marah. begitu pula dengan artikel blog, sejelek-jelek apapun tulisan hasil karya kita pasti kita akan bangga, dan orang lain pun tetap akan menghargai. 


Pengalaman Saya 

Beberapa artikel di blog saya pernah di COPAS oleh beberapa orang, ketika sudah ketahuan dan saya beri email peringatan, kemudian dia menjawab " maaf ya mas, bsk saya ga akan COPAS lagi. jawaban yang memang ngga memerlukan pemikiran, jadi wajar saja orang yang menjawab seperti itu pasti akan selalu COPAS.

Ada lagi cerita mengenai orang yang sudah ketahuan COPAS, setelah ditegur oleh pemilik website (asli) yang di COPAS ternyata jawabannya : maaf ya mas, saya COPAS karena saya ngga bisa bahasa inggris. eh mba / mas apakah setiap publisher itu bisa / lancar dalam membaca atau menulis bahasa inggris ? saya rasa engga juga, karena banyak dari kawan-kawan saya yang udah lumayan sukses masih menggunakan fasilitas google translate/google client. nha dari situ seharusnya kita dapat menyimpulkan bahwasannya orang-orang yang sudah sukses pun tetap menggunakan sarana fasilitas gratis berupa google translate yang diberikan oleh google. nha apalagi sekarang google sudah support bahasa indonesia, jadi ngga ada alasan lagi buat publisher yang sering kopas dan selalu beralasan bahwasannya dia ngga bisa nulis bahasa inggris.
Jadi pesen saya buat temen-temen : berkarya lah sesuai dengan bakat yang anda punya, jika anda suka dengan thema pariwisata maka hendaklah anda membuat blog dengan tema tersebut, namun jika anda menyukai tema otomotif maka hendaklah anda membuat tema blog tersebut, ngeblog bukan paksaan, tapi ngeblog membutuhkan kesadaran. Hormatilah etika dalam Blogging, dan pandanglah segi negatifnya dan untuk mengetahui kesalahan maka anda dapat bercermin tentang diri anda.

0 Response to "Berkarya dengan Artikel Sendiri, Jauhkan Copas Dari pikiran anda"

Post a Comment

wdcfawqafwef