kenari dan proses beternaknya


Burung kenari adalah burung yang kecil yang mempunyai warna yang bervariasi, burung ini merupakan salah satu burung kicau yang dapat diikutkan dalam lomba, kicauannya yang indah membuat banyak yang menggemarinya. banyak orang suka dengan burung ini dikarenakan rawatannya yang begitu mudah, makanannya yang murah dan simpel, yaitu biji-bijian dan sayur mayur serta buah. beberapa sayur mayur kegemaran kenari adalah gambas dan sawi, sedangkan untuk buah yang juga disukai kenari adalah apel dan timun.

Warna kenari yang bervariasi diantaranya adalah : Hijau botol, kuning, orange, merah, warna coklat atau biasanya disebut dengan gereja, dan tentunya masih banyak warna lain yang dapat dihasilkan dari hasil persilangan para peternak handal indonesia.  Selain dari warna, ternyata burung kenari juga mempunyai tingkatan atau jenis, beberapa diantaranya adalah Yokser, F1,F2, F3, Af, beberapa nama atau sebutan tersebut adalah dihasilkan dari persilangan antar jenis kenari, biasanya jenis tersebut berpatokan terhadap ukuran ataupun body burung.

Burung kecil dengan kicauan yang indah ini ternyata juga dapat dikatakan sebagai burung yang mudah untuk ditangkarkan, dengan modal yang tidak seberapa dan tentunya dapat memberikan kita penghasilan disetiap bulannya, tentunya penangkaran ini memerlukan waktu dan kesabaran kita, karena untuk memulai usaha tersebut pastinya tidak kesemuanya langsung lancar atau dapat langsung berhasil. Saya mempunyai beberapa tips yang mungkin ini dapat membantu anda dalam beternak kenari.
1. sediakan indukan (jantan + betina) yang sehat
pengalaman saya : dulu saya pernah menangkarkan 1 jantan dan 2 betina, setelah saya tunggu ternyata penangkaran tersebut gagal, tetapi setelah saya ganti pejantan ternyata kedua betina tersebut dapat menghasilkan anak ( menetas), berarti hal tersebut disebabkan karena kenari pejantannya tersebut adalah mandul.
 
2. Proses penjodohan kenari

untuk pertama kalinya biasanya proses penjodohan ini berlangsung 3-7 hari, 1 pasang kenari jantan dan betina tersebut jangan langsung ditangkarkan, tetapi kandang kenari tersebut digantung kemudian ditempelkan berdampingan selama beberapa hari, sampai dengan kenari tersebut mulai birahi dan saling bersautan. sedangkan beberapa hal yang dapat memicu birahi kenari adalah kuning telur puyuh, jadi selama penjodohan diusahakan kenari tersebut diberi makanan ataupun vitamin dan nutrisi yang cukup, hal tersebut dilakukan agar kenari tersebut dapat menghasilkan anak dengan kondisi yang luar biasa.


3. Setelah Kenari Berjodoh

diusahakan kenari tersebut diberikan kandang terpisah dari kenari ataupun suara kenari lain, karena suara ataupun ciutan dari burung kenari lain dapat sangat mengganggu proses perkawinan. jika kenari betina sudah siap bertelur maka segeralah mempersiapkan tempat untuk bertelur dan jangan lupa sediakan juga beberapa media seperti : tisu, kapas ataupun serat nanas, karena ketika kenari sudah siap bertelur maka dia akan mengumpulkan beberapa media tersebut untuk dijadikan ke tempatnya bertelur nanti.

4. Kenari bertelur

kenari bertelur dan mengeram biasanya selama 14 hari, burung kenari dapat menghasilkan 2-5 butir telur, malah ada juga yang bertelur sampai dengan 6 butir,

5. kenari menetas

setelah proses pengeramanan selesai tentunya burung akan segera menetas, pada hari pertama biasanya kenari tidak memerlukan makanan, karena kenari masih membawa cadangan makanan dari lahir. namun pada hari keduanya anda perlu mempersiapkan kuning telur burung puyuh atau kuning telur ayam ras, dari kedua makanan tersebut pilihlah yang paling efisien bagi anda. pada hari ketiganya anda juga dapat memberikan sayuran sawi, karena ini merupakan pendukung untuk mempercepat pertumbuhan anak kenari... oya, mengenai pelolohan burung kenari biasanya dilakukan oleh indukan betina, namun juga dapat dibantu diloloh oleh indukan pejantan

Pertumbuhan anak kenari tentu sangat cepat, dalam waktu 2 minggu burung anakan tersebut sudah mempunyai bulu yang lengkap, namun belum tumbuh panjang seperti kenari dewasa. setelah 30 hari burung anakan tersebut biasanya sudah mulai belajar makan, setelah belajar makan maka anda dapat memisahkan burung kenari indukan betina ke tempat lain / dipisah.
lihat artikel pengobatan bubul pada kenari

0 Response to "kenari dan proses beternaknya"

Post a Comment

wdcfawqafwef