Burung Kacer dan Pemeliharaannya

Burung Kacer dan Pemeliharaannya




burung kacer merupakan salah satu dari sekian banyak burung kontes yang ada diindonesia, varietas burung ini merupakan salah satu burung yang digemari oleh para kicau mania. setau saya burung kacer ada 2 macam :
1. kacer jawa ( purworejo)
2. kacer sumatera

dari kedua jenis burung kacer tersebut, yang paling menjadi peminat orang-orang adalah burung kacer sumatra. burung kacer sumatera mempunyai ciri dasar, yaitu berwarna hitam dan mempunyai warna putih pada bagian bawah tubuhnya. harga bakalan burung ini setahu saya sech sekitar 100-200 ribu. tapi kalo udah jadi ya bisa mencapai harga berjuta-juta, bahkan puluhan juta.

burung kacer dikenal sebagai salah satu burung petarung, namun jika sedang birahi dan kemudian diadu, maka burung ini pasti mempunyai ciri yang sangat tidak disukai oleh para penggemar burung : yaitu mbagong.

Cara untuk memilih bahan burung kacer

1. burung kacer yang dijadikan kontes adalah  untuk jenis kelamin jantan. warna hitam mengkilat, sedangkan apabila betina maka warnanya adalah abu-abu.

2. pilihlah burung kacer yang mempunyai bentuk paruh tebal, panjang dan lebar, dan pastikan untuk memilih posisi lubang hidung yang dekat dengan mata.

3. anda dapat memilih burung kacer yang mempunyai mata bulat dan melotot, karena menandakan burung tersebut mempunyai sifat ataupun mental yang baik.

4. pilihlah postur tubuh yang sedang, usahakan untuk memilih bagian leher yang panjang dan berisi

5. anda dapat memilih burung yang senang makan dan lincah, karena diyakini burung yang lincah dan senang makan tentu mempunyai kesehatan yang baik.

Makanan untuk burung kacer

salah satu makanan yang cocok untuk burung kacer adalah Voer, sedangkan makanan lain/makanan pendukungnya adalah : jangkrik, ulat hongkong, kroto.

perawatan kacer jika dibilang sebenarnya adalah susah-susah gampang, kita hanya memerlukan ketelatenan, intinya adalah rajin dan rutin. misalnya saja
1. Memberikan jangkrik setiap pagi, siang, sore. semua itu tergantung setelan burung anda, tentunya anda dapat menakar untuk jumlah yang cocok untuk burung anda.
2. Mandi dan jemur ( untuk penjemuran burung kacer ini mungkin dapat dilakukan kurang lebih 30-40 menit sehari )
3. membersihkan kandang
4. jika anda mempunyai kandang umbaran maka tidak ada salahnya jika anda mengumbar burung tersebut 1 minggu sekali.
5. krodong burung tersebut saat sore hari sampai dengan pagi hari.

setelah beberapa bulan perawatan tersebut rutin dijalani saya yakin burung akan mempunyai perubahan, mungkin jika diambil positifnya burung akan menjadi lebih berani untuk bertanding, namun semua itu tergantung dengan setelan yang anda berikan setiap harinya.

oya.. jika kacer anda mabung, segera lakukan perawatan ekstra, misalnya dengan memberikan suara isian, misalnya suara jangkrik, jalak suren dan beberapa suara burung kecil atau burung dengan suara kasar, dari segi makanan juga jangan sampai telat dan harus tercukupi.

sekian terimaksih.

0 comments "Burung Kacer dan Pemeliharaannya", Read or Comment

Post a Comment