Burung Kenari dan Perawatannya





burung kenari adalah salah satu burung kecil yang kerap kali menjadi salah satu bagian dari kontes burung yang ada diindonesia, burung kenari terdiri dari beberapa jenis, misalnya f1,f1, yokser, holand, tentunya dari jenis tersebut juga membedakan besar atau kecil tubuhnya. Burung kenari juga terdiri dari beberapa warna pilihan, misalnya : warna kuning, putih, hijau botol, orange.

kalo saya bilang memelihara kenari adalah salah satu hal yang menyenangkan, karena menurut saya perawatannya juga cukup mudah, kita hanya memerlukan biji-bijian, misalnya gold coin. sesekali kita juga dapat memberikannya sayur-sayuran dan buah. misalnya : apel, gambas, kol. \

burung kenari juga dapat diberikan masteran, misalnya seperti diberi master ciblek, prenjak, ataupun burung sanger, blacksroot dan beberapa jenis burung lain, banyak orang yang sudah membuktikannya.


burung kenari holand bakalan setahu saya mempunyai harga yang berkisar antara 100-200 ribu (itu waktu saya dijogja belanja dideket monjali), sedangkan yang sudah jadi, atau sudah berbunyi mencapai kisaran 350 ribuan lebih, semuanya itu relatif : tergantung dari jenis suara, atau mungkin kepepet atau tidak orang yang jual burung tersebut :) .

cara memaster burung kenari

untuk memaster burung kenari sebaiknya anda memilih burung yang masih anakan, hal ini agar supaya burung tersebut mudah untuk dilakukan pemasterannya. lakukakan pemasteran sesering mungkin, sebaiknya pada malam hari, pagi hari dan sore hari. nha ketika burung tersebut sudah keisi masteran yang anda harapkan maka biarkan burung tersebut sampe berusia lebih, misalnya saja 9 bulan atau bisa lebih, karena dikhawatirkan apabila burung tersebut dibawa kelomba pada saat usia yang masih muda, maka suaranya dapat mbelender atau berubah. biasanya burung kenari yang sudah siap kontes tu berumur sekitar 1 tahun keatas.

beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk perawatan burung kenari

- tangkringan burung kenari sebaiknya dipilih dari kayu asam
- jika kakinya bubulan, maka segera berikan salep 88, dapat dilakukan pada sore menjelang malam, insyallah dalam 3-7 hari bisa sembuh, namun itu juga tergantung dari tingkat sakit dari penyakit bubulan tersebut.

pengalaman saya

Dulu saya pernah punya burung kenari warna putih, udah ngeriwik tapi ngga keluar suaranya. saya pelihara sampe dengan 2 bulan tetep saja gitu, kemudian suatu saat pas saya lagi ngobrol sama orang di burjo, ternyata dia memberikan sebuah solusi, bahwa burung tersebut diberikan obat sakit tenggorokan manusia, tapi namanya saya lupa, yang pasti obatnya kecil, seukuran dengan ctm.
pemberian obat tersebut hanya sedikit, dicampur dengan air minum, posisi burung ya selalu dikerodong dalam waktu kurang lebih seminggu, dan jangan terkena sinar matahari. ( ini menurut pengalaman saya ) :)

jika anda ingin ternak kenari maka anda hanya memerlukan 1 pasang (kenari jantan dan kenari betina), terlibih dulu dijodohkan : didekatkan antara kandang yang satu dengan kandang yang lain. setelah sekiranya burung ini kenari maka segera masukkan kenari jantan ke kandang kenari betina, setelah itu berikan susuh/tempat untuk bertelur.  jika kenari betina sudah bertelur maka anda dapat segera mengangkat atau memindahkan kenari jantan ke kandang yang lain. jadi cukup kenari betina yang mengeraminya. masa pengeraman klo ga salah sech sekitar 14-15 hari. ngga cukup sulit kok bro..



0 Response to "Burung Kenari dan Perawatannya"

Post a Comment

wdcfawqafwef